SELAMAT DATANG DI RAPAI SAMAN NAGAN RAYA TELPON : 0852 8554 9960

Selasa, 03 April 2012

DURIAN (BOH DRIEN)


DURIAN


Musim durian di Nagan merupakan anugerah dari Tuhan yang maha kuasa di berikan kelebihan dengan tumbuhnya batang dan pohon buah termahal ini. Biasanya musim durian setahun sekali tepatnya musim setelah potong padi (Panen).

Hampir di semua area di Nagan bisa tumbuh pohon durian dengan subur asalkan pemilik lahan mau menanamnya.

Durian di mata orang Nagan adalah buah yang sangat banyak manfaatnya bisa dibuatkan dodol duren (Halua), tempoyak (Jruk) dan untuk campuran makanan snack yang lain.

Selain dari kegunaan tersebut diatas durian bisa juga di makan dengan lumang, ketan (Bu Lukat) dan di campur dengan kopi rasanya sangat nikmat. Kalau anda pernah main ke Nagan saat musim durian pasti anda ingin kembali ke Nagan saat anda melihat buah durian di tempat lain.

Durian termasuk buah yang sangat wangi baunya, biarpun berbalut daun masuk ke dalam semak belukar masih bisa tercium baunya bahkan mata kita tidak melihat makanya buah durian jarang tersesat di bawah pohonnya.

Yang lebih seru alias ramphak saat malam tiba, anak-anak muda mempersiapkan diri untuk mencari durian jatuh dengan membawa senter atau leng long. Biasanya mereka berkumpul 3 atau 4 orang duduk diam tanpa ngobrol di bawah pohonnya saat malam tiba, mereka hanya memasang perasaan agar bisa terdengar di mana posisi buah durian jatuh supaya mudah ditemukan walaupun jatuhnya di semak belukar. Sorotan senter seperti sorotan lampu panggung keatas ke bawah ke samping kekanan ke kiri saat durian tersebut sudah bum suara ke bumi.



0 komentar:

Posting Komentar