SELAMAT DATANG DI RAPAI SAMAN NAGAN RAYA TELPON : 0852 8554 9960

Senin, 02 April 2012

SEUKAT MAK KEULABAH


Seukat merupakan salah satu tarian yang di mainkan oleh kaum wanita secara berkelompok yang di pimpin oleh Cheeh (Pelantun Syair).Tarian ini sering di mainkan pada acara Ureeng meukawen dan Peusunat aneuk selain dalam acara seperti ini ada juga di mainkan oleh wanita-wanita muda khususnya untuk show-show meutunang seukat.

Seukat sudah ada sejak kerajaan aceh berdiri sampai sekarang,syair-syair yang di lantunkan berkaitan dengan acara yang lagi berlangsung.Syair-syair tesebut kadang kala membuat kita senang dan sedih.

Lantunan syair-syair kebanyakan bersifat nasehat,candaan dan menyindir (Risak).Bersifat nasehat itu sering terdapat di seukat saat peusunat aneuk dan peukawen aneuk.

Bersifat candaan dan risak sering terdapat pada seukat pertujukan yang sengaja di buat show secara terbuka yang di tonton oleh semua kalangan yang sering di sebut dengan kata "Meutunang Seukat ".

Seukat-seukat seperti ini banyak di gemari oleh masyarakat karena sifatnya di adu dua kelompok seukat yang berbeda tempat dengan Syair-syair dan gerakan yang sulit di ikuti.



Penulis
S. Fenaro


0 komentar:

Posting Komentar